Jauhi Debat yang Mencelakakan

البقاء بعيدا عن المناقشة ضرر

لن يكون من الأفضل أن نبقى صديقين على الرغم من أننا لسنا في الاتفاق على مسألة واحدة؟

لا يجادل أي وقت مضى مع شخص بصوت المثارة.

عندما يقوم شخص ما لا نريد القول انه سقط على خطأ.

لأن النقاش ليس لضرب الناس.

مثل هؤلاء العلماء يقول الفقيه ، إذا كان هناك أي تأثير سلبي للمناقشة ، لأنهم يدافعون عن البحث عن الحقيقة ، وليس لإرضاء. انهم لا يجادلون بأن ينظر تقي (الذكية) ، فضلا عن الغرض الدنيوي الأخرى. وبالتالي ، فإن النقاش داخل اختصاص الأدب والأخلاق.

الناس تقول مثل الناس الذين يبحثون عن العناصر المفقودة. فهو لا يميز ما إذا كان يميز الاشياء وجد نفسه أو العثور على شخص آخر ساعد. يرى النقاش بدلا من الشركاء ، وليس أعداء. وينبغي أن يكون ممتنا لو المناقشة الخصم أظهر له خطأه ، كمن يتبع مسارا للبحث عن المفقودين barangya ، ولكن هناك آخرين الذين يقولون لها إن عليها menepuh طريقة أخرى للحصول على السلع.
Perdabatan السعي مع الاصدقاء من هذا القبيل ، في وقت سابق ان وtabi'in الكهنة. عمر بن `anhu Khottob Rodhiyallohu أنفسهم عندما ذكرنا من قبل امرأة ، عندما berkhutbah في kalayak hadpan ذكر أيضا بصراحة عندما رأيت أن تقوله صحيحا ،" عمر خطأ ، هذه المرأة على حق! ". أجاب بالمثل Rodhiyallohu علي `anhu الأسئلة رجل ، ثم هناك انتقاد له ،" لكن الأمر ليس كذلك يا أمير المؤمنين ، ولكن الامر لا بأس به ".

حتى انه قال : "أنت على حق ، وكنت مخطئا". وكذلك يتم التشاور أيضا أصدقاء حول الحد من يشربون الخمر لبعض المشاكل في وfaraidh.

النقاش المدمرة

ثم كيف يمكن للنقاش في هذه الأيام الأخيرة؟
نظرة على المتحاورين في عصر كنت ، وكيف تحولت وجوههم مظلمة ، إذا ظهر مؤسسة الحق في المعارضين اللفظي ، وكذلك فاضت عواطفهم ، ثم الكدح ، مع القدرة على معارضتها. كيف استنكر pendebatnya حياته ، فهو لا تخجل من تشبيه نفسه بأنه صديق في تبادل لالتماس الحقيقة؟ هذه أقوال الإمام dulur غزالي ف...

المناقشة وبالتالي تدمير المسلمين أنفسهم ، كما هو مذكور في الحديث ،

"لا يوجد الناس الذين ضلوا الطريق من توجيهات أنهم على ذلك ، ما لم يتم تقديمهم للمناقشة" (رواه الترمذي في ، حديث حسن صحيح)

المناقشة الهادفة لإذلال الطرف الآخر ، أو النفس حزما ويسعى العالم ، هو مصدر الشر من ذلك بكثير.

بعض الأمراض التي تهاجم هؤلاء الذين ألقوا بأنفسهم في أنشطة هذه المناقشة :

1. الحسد (الحسد) : جدلية ، والفوز أو الخسارة في بعض الأحيان. أحيانا هناك مجاملة ، وأحيانا الثناء نظرا لخصمه. هذه الشروط يمكن أن يسبب شعورا الحسد في قلبه ، ويريد أن يخسر الخصم صوتا ، بما في ذلك العلم ، والفرصة أو خدمات أخرى.

2.Takabbur وريا `: أولئك الذين يحبون أن يجادل مع takabbur tujun الذاتي الأضواء العقد المرض. وقال انه محاولة لخفض الخصم النقاش ، ورفع نفسه أمام الآخرين. في بعض الأحيان وقال انه يعطي بيان ان منافسه سخيفة ، لا يفهم أو لديهم معرفة ضئيلة. بالإضافة إلى ذلك ، `ريا المرض يؤثر أيضا في كثير من الأحيان ، لأنني أردت أن تظهر ما كان يشعر بأنه ميزة للرجال.

3. مشيدا نفسك : المتحاورين غالبا ما يغري نفسه في الجدل الحالي. أحيانا يقول : "أنا menguasa هذا العلم" ، "أنا أحفظ الحديث" ، وذلك لتعزيز ما قاله.

4. Tajassus (عار فتشت) : Mancari الأعضاء التناسلية البشرية ، وغالبا ما أنجز مناظرة ضد منافسه. بدا أحيانا أنه للحصول على معلومات إلى البلد الذي عاش خصمه ، للبحث عن الأشياء السيئة منه ، والتي احتفظ بها لتكون تلك المعرفة انخفاض المخزون.

5. Ghibah : ما هي أحيانا لا يمكن تجنبها من المتحاورين تستند إلى نية سيئة هو تبادل ونشر نقاط ضعف الخصم والقصور إلى الطرف الآخر ، بعد ان ادلى مشادة مع شخص ما.

6. Nifaq : ما هو المقصود هنا هو على العكس من المناظرات Dhohir الفعل على ما هو في القلب. وعادة ما تكون المتحاورين مزيد من اللغط ، والتي تبين الود والإثارة عند اجتماعه مع خصمه ، ولكن الكراهية وجهه الحقيقي في قلبه terbesit كبيرة بما فيه الكفاية.

الآن ، دعونا نلقي نظرة على الحياة من حولنا. داخل الأسرة وفي العمل وفي المجتمعات المحلية ، والأحياء ، لممثلي الشعب في الديمقراطية د / MPR. على أقل تقدير ، دعونا ننظر إلى أنفسنا عندما قررنا أن المناقشة (إما شفاهة أو كتابة).

وبالتالي ، لا يمكننا تجنب أمراض القلب هي خطيرة جدا لنفسه. من المؤكد أننا جميعا نعرف حججه وونغ ngaji كل لحظة.... البطيخ... نعم البيض. barokallohu fiik... نأمل نجاح ن aslb تكون دائما معنا كل العالم المقبلة... aamiin.

Bukankan lebih baik kita tetap berteman walau kita tidak sepakat dalam satu masalah?

Janganlah sekali-kali mendebat seseorang dengan meninggikan suara.

Ketika mendebat seseorang janganlah menginginkan dia jatuh kepada kesalahan.

Karena berdebat tidak untuk menjatuhkan orang.

Demikian itu para ulama faqih jika berdebat, tidak ada dampak negatif dari perdebatan itu, karena mereka berdebat untuk mencari kebenaran, bukan untuk merendahkan. Mereka tidak berdebat agar dipandang alim (pandai), serta karena tujuan duniawi lainnya. Sehingga, perdebatannya tetap dalam koridor adab dan akhlak.

Orang berdebat seperti orang mencari barang yang hilang. Ia tidak membedakan-bedakan apakah barang itu ia temukan sendiri atau ditemukan orang lain yang membantunya. Ia melihat lawan debatnya sebagai partner, bukan musuh. Ia mestinya berterima kasih jika lawan debatnya menunjukkan kepadanya kesalahannya, seperti seseorang yang menempuh suatu jalan untuk mencari barangya yang hilang, namun ada orang lain yang memberi tahu bahwa ia harus menepuh jalan lain untuk mendapatkan barangnya.
Perdabatan yang demikianlah yang ditempuh para sahabat, tabi’in dan para imam besar terdahulu. Umar bin Al Khottob Rodhiyallohu `anhu sendiri ketika diingatkan oleh seorang wanita, saat beliau berkhutbah di hadpan kalayak pun menyatakan jujur ketika melihat bahwa yang dikatakan wanita itu benar, ”Umar salah, wanita ini benar!”. Demikian pula Ali Rodhiyallohu `anhu menjawab pertanyaan seorang laki-laki, kemudian ada yang mengkritik beliau, ”Tidak demikian wahai Amirul Mukminin, namun demikian-demikian.”

Maka beliau mengatakan,”Anda benar, saya salah.” Sebagaimana juga para sahabat juga bermusyawarah mengenai hadd bagi peminum khamr dan beberapa masalah dalam faraidh.

Debat yang menghancurkan

Lalu bagaimana perdebatan di jaman akhir ini ???
Lihatlah para pendebat di zaman kalian ini, bagaimana wajah mereka berubah gelap, jika nampak al haq di lisan lawannya, sebagaimana juga emosi mereka meluap, lantas berpayah-payah, dengan seluruh kemampuan untuk menentangnya. Bagaimana ia mencela pendebatnya seumur hidupnya, kemudian dia tidak malu dengan menyerupakan diri sebagai sahabat dalam sharing untuk mencari kebenaran? Ini ucapan Imam Ghozali dulur q…

Debat yang demikian menghancurkan umat Islam sendiri, sebagaimana disebut dalam sebuah hadits,

”Tidak ada kaum yang tersesat dari hidayah yang mereka ada di dalamnya, kecuali didatangkan kepada mereka perdebatan.” (Riwayat At Tirmidzi, hadits hasan shahih)

Perdebatan yang bertujuan untuk merendahkan pihak lain, atau menonjolkan diri sendiri serta mencari dunia, merupakan sumber timbulnya banyak maksiat.

Beberapa penyakit yang menyerang mereka yang mencampakkan diri dalam aktifitas debat ini:

1. Hasad (iri): Pendebat, terkadang menang atau kalah. Terkadang ada yang memujinya, terkadang pujian diberikan untuk lawannya. Kondisi semacam ini bisa menimbulkan rasa hasad pada hatinya, menginginkan agar lawannya kehilangan nikmat, termasuk ilmu, kesempatan atau nikmat lainnya.

2.Takabbur dan riya`: Mereka yang suka berdebat dengan tujun menonjolkan diri akan terjangkit penyakit takabbur. Dia akan berusaha merendahkan lawan debatnya, dan meninggikan dirinya sendiri di hadapan orang lain. Kadang ia memberikan pernyataan bahwa lawannya bodoh, tidak paham atau memiliki sedikit ilmu. Disamping itu, penyakit riya` juga sering menjangkiti mereka, karena ingin menampakkan apa yang ia rasa sebagai kelebihan kepada manusia.

3. Memuji diri sendiri: Pendebat sering kali menyanjung dirinya sendiri di saat berdebat. Kadang ia mengatakan, ”saya menguasa ilmu ini”, “saya hafal hadits ini.” Hal itu dilakukan untuk mempromosikan apa yang ia sampaikan.

4. Tajassus (mencari-cari aib): Mancari aurat manusia, sering kali dilakukan pendebat terhadap lawannya. Terkadang ia mencari informasi sampai ke negeri dimana lawannya tinggal, untuk mencari hal-hal buruk darinya, yang ia simpan pengetahuan itu untuk dijadikan bekal menjatuhkannya.

5. Ghibah: Yang kadang tidak bisa dihindarkan dari pendebat yang didasari niat yang salah adalah menceritakan dan menyebarkan kelemahan dan kekurangan lawannya kepada pihak lain, setelah ia melakukan perdebatan dengan seseorang.

6. Nifaq: Yang dimaksud di sini adalah perbuatan dhohir pendebat yang bertentangan dengan apa yang ada di dalam hati. Pendebat biasanya basa-basi, memperlihatkan keramahan dan kegembiraan jika bertemu dengan lawannya, namun sejatinya dalam hatinya terbesit kebencian yang cukup besar.

Sekarang, marilah kita cermati kehidupan di sekitar kita. Dlm kluarga, di kantor, di lingkungan, masyarakat, sampai pada wakil rakyat d di DPR/MPR. Paling tidak, marilah kita melihat diri kita sendiri ketika kita memutuskan untuk berdebat (baik dengan lisan maupun tulisan).

Dengan demikian, kita bisa terhindar dari penyakit-penyakit hati yang sangat membahayakan dirinya sendiri. Pasti kita semua tau dalil-dalilnya wong tiap saat ngaji…. semangka ya lur…. barokallohu fiik… moga aslb n sukses selalu bersama kita semua dunia akhirat… aamiin.