Salam dan Tata Caranya

التحية وآدابها

التحية : مصدر حياه يحييه تحية ، ومعناه في اللغة : الدعاء بالحياة ، فيقال : حياك الله ، أي أبقاك ، ثم توسع في إطلاق التحية على كل ما هو في معناها من الدعاء الذي يقال عند الالتقاء ونحوه . والتحية أعم من السلام ، فالسلام نوع من أنواع التحية .

تحية الإسلام :
قد شرع الله ورسوله صلى الله عليه وسلم لنا تحية تميزنا عن غيرنا ، ورتب على فعلها الثواب ، وجعلها حقاً من حقوق المسلم على أخيه ، فتحولت هذه التحية من عادة من العادات المجردة إلى عمل يفعله العبد تقرباً إلى الله تعالى ، واستجابة لأمر رسوله صلى الله عليه وسلم ، فلا يصح أن تبدل هذه التحية العظيمة بعبارات أخرى لا تؤدي ما تؤديه تحية الإسلام المباركة( ) ، مثل : صباح الخير ، أو مساء الخير ، أو مرحباً ، أو غير ذلك ، مما قد يستعمله بعض الناس جهلاً أو إعراضاً( ).
وتحية الإسلام هي : ( السلام عليكم ورحمة الله وبركاته ) هذا أكملها ، وأقلها : (السلام عليكم )( ).

من فضائل السلام وخصائصه :
1- أنه من خير أمور الإسلام ، فعن عبد الله بن عمرو بن العاص ـ رضي الله عنهما ـ أن رجلاً سأل رسول الله صلى الله عليه وسلم : أي الإسلام خير ؟ قال : " تطعم الطعام ، وتقرأ السلام على من عرفت ومن لم تعرف "( ).
2- أنه من أسباب المودة والمحبة بين المسلمين ، والتي هي من أسباب دخول الجنة ، قال صلى الله عليه وسلم : " لا تدخلون الجنة حتى تؤمنوا ، ولا تؤمنوا حتى تحابوا ، أولا أدلكم على شيء إذا فعلتموه تحاببتم ؟ أفشوا السلام بينكم "( ) .
3- أن كل جملة منه بعشر حسنات ، وهو ثلاث جمل ، فلمن جاء به كاملاً ثلاثون حسنة ، عن عمران ابن حصين ـ رضي الله عنهما ـ قال : جاء رجل إلى النبي صلى الله عليه وسلم فقال : السلام عليكم ، فرد عليه ، ثم جلس ، فقال النبي صلى الله عليه وسلم " عشر " ، ثم جاء رجل آخر ، فقال : السلام عليكم ورحمة الله ، فرد عليه ، ثم جلس ، فقال " عشرون "، ثم جاء آخر ، فقال : السلام عليكم ورحمة الله وبركاته ، فرد عليه ، وجلس فقال : " ثلاثون "( ) .

حكم السلام ورده :
السلام سنة مؤكدة( ) ورده واجب عيناً ، إذا قصد به شخص واحد ، وعلى الكفاية إن قصد به جماعة ، فإن رد جميعهم فهو أفضل

صفة رد السلام :
الواجب في الرد أن يكون مثل السلام ، وإن زاد عليه فهو أفضل ، لكن لا ينقص عنه ، فمن سلم فقال : السلام عليكم ورحمة الله ، فجوابه الواجب : وعليكم السلام ورحمة الله ، وإن زاد : وبركاته ، فهذا أفضل ، لكن لا يجوز الاقتصار في الجواب على : ( وعليكم والسلام ) فقط ، لأنها دون السلام ، قال تعالى ( وإذا حييتم بتحية فحيوا بأحسن منها أو ردوها )( )
قال ابن كثير رحمه الله تعالى : أي : إذا سلم عليكم المسلم فردوا عليه أفضل مما سلم ، أو ردوا عليه بمثل ما سلم ، فالزيادة مندوبة ، والمماثلة مفروضة . اهـ .
ومما يعتبر جواباً غير سائغ شرعاً أن يرد بقوله أهلا ومرحبا ، أو نحوها ، مكتفياً بها ، وذلك لأنها ليست بجواب شرعي للسلام ، ولأنها أنقص من السلام بكثير ، فإن قوله : وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته ، وما تحمله من معانٍ عظيمة أفضل من قول القائل : أهلا ومرحباً ، ولكن لا بأس بقولها لا على أنها رد السلام ، إنما يرد السلام ، ويقولها بعد ذلك ، فقد ثبت قول النبي صلى الله عليه وسلم : " مرحباً بأم هانئ "( ) ، وغير ذلك .

التلفظ بالسلام :
السنة في السلام والجواب الجهر ، لأن السلام هو التلفظ بقولك : ( السلام عليكم) ، والإشارة باليد وغيرها لا تعتبر سلاماً ، وأما الجواب فإنه يجهر به حتى يسمع المسلم ، لأنه إن لم يسمعه فإنه لم يجبه ، إلا أن يكون عذر يمنع سماعه .

من أحكام السلام وآدابه :
1- إفشاؤه وإظهاره وإعلانه بين الناس ، حتى يكون شعاراً ظاهراً بين المسلمين، لا يخص به فئة دون أخرى ، أو كبيراً دون صغير ، ولا من يعرف دون من لا يعرف ، وتقدم حديث عبد الله بن عمرو رضي الله عنهما ، وتقدم أيضاً قول النبي صلى الله عليه وسلم : " أفشوا السلام بينكم " .
وقال عمار بن ياسر رضي الله عنهما : " ثلاث من جمعهن فقد جمع الإيمان: الإنصاف من نفسه ، وبذل السلام للعالم ، والإنفاق من الإقتار"( ).
ومما ورد في ذم من ترك التسليم قول النبي صلى الله عليه وسلم : " أبخل الناس من بخل بالسلام "( )
2- يشرع تبليغ السلام ، وتحمله ، وعلى المبلغ أن يرد السلام ، فعن عائشة ـ رضي الله عنها ـ أن النبي صلى الله عليه وسلم قال لها : " إن جبريل يقرأ عليك السلام " فقالت : وعليه السلام ورحمة الله( ).
3- الأفضل في الابتداء بالسلام أن يسلم الصغير على الكبير ، والماشي على الجالس ، والراكب على الماشي ، والقليل على الكثير ، فعن أبي هريرة رضي الله عنه مرفوعاً : " يسلم الصغير على الكبير ، والمار على القاعد، والقليل على الكثير )( )
4- من السنة إعادة السلام إذا افترق الشخصان ثم تقابلا ، بدخول أو خروج، أو حال بينهما حائل ثم تقابلا ، ونحو ذلك ، ويدل عليه قول النبي صلى الله عليه وسلم : " إذا لقي أحدكم أخاه فليسلم عليه ، فإن حالت بينهما شجرة أو جدار أو حجرة ، ثم لقيه فليسلم عليه أيضاً "( ).
وفي حديث المسيء صلاته أنه كلما ذهب ورجع سلم ورد عليه النبي صلى الله عليه وسلم السلام ، فقل ذلك ثلاث مرات( ) . وقال أنس رضي الله عنه : كان أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم يتماشون ، فإذا استقبلتهم شجرة أو أكمة فتفرقوا يميناً وشمالا ً، ثم التقوا من ورائهاسلم بعضهم على بعض( ).
5- حكم السلام على الكافر ، ورد سلامه إذا سلم( ) :
السلام تحية للمؤمنين خاصة ، فلا يجوز إلقاؤه علىغيرهم ، قال صلى الله عليه وسلم " لا تبدؤوا اليهود ولا النصارى بالسلام ، فإذا لقيتم أحدهم في الطريق فاضطروه إلى أضيقه "( ) .
أما إن حضر موضعاً فيه اخلاط من المسلمين والكافرين ، فيسلم ويقصد المسلمين ، ففي حديث أسامة بن زيد رضي الله عنهما أن النبي صلى الله عليه وسلم مر على مجلس فيه أخلاط من المسلمين والمشركين عبدة الأوثان، فسلم عليهم( )
وإذا سلم الكافر فإنه يرد عليه بمثل ما روى أنس رضي الله عنه أن أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم قالوا للنبي صلى الله عليه وسلم إن أهل الكتاب يسلمون علينا ، فكيف نرد عليهم ؟ قال : قولوا وعليكم( ) ولا يزيد على ذلك( )
6 – السلام على النساء :
يجوز السلام على النساء المحارم ، أما غيرهن : فيجوز إذا أمنت الفتنة بهن وعليهن ، وهذا يختلف باختلاف النساء ، والأحوال ، والمواضع ، فليست الشابة كالعجوز ، ولا من دخل بيته فوجد فيه نسوة فسلم عليهن كمن مر بنساء لا يعرفهن في الطريق ، وأما المصافحة للنساء الأجانب فلا يجوز مطلقاً ، ومن أدلة ذلك :
أ‌- قوله صلى الله عليه وسلم " لا أصافح النساء "( )
ب‌- قالت عائشة رضي الله عنها : " ما مست يد رسول الله صلى الله عليه وسلم ، إلا امرأة يملكها "( ) .
ت‌- وقال صلى الله عليه وسلم " لأن يطعن في رأس أحدكم بمخيط من حديد خير له من أن يمس امرأة لا تحل له "( )

Salam dan Tata Caranya

Salam: sumber kehidupan menyambut dia memberi hormat, dan maknanya dalam bahasa: kehidupan doa, dikatakan: Allah memberkati Anda, Ibqak apapun, dan kemudian diperluas dalam peluncuran salut untuk semua yang ada di arti dari doa yang dikatakan ketika Anda bertemu dan sejenisnya. Dan ucapan yang lebih umum mengenai perdamaian, perdamaian adalah jenis ucapan.

Salam Islam:
Apakah hukum Allah dan Rasul-Nya, saw ucapan kita membedakan kita dari orang lain, dan diatur untuk melakukan pahala, dan membuatnya menjadi hak saudara muslim, ternyata salam dalam kebiasaan kebiasaan telanjang untuk pekerjaan melakukan seseorang untuk mendekatkan diri kepada Allah, dan dalam menanggapi perintah Rasul-Nya, semoga Allah memberkatinya dan perdamaian, memang benar bahwa perubahan besar ucapan ini dalam kata lain, tidak mengarah untuk bermain salam Islam diberkati (), seperti: Selamat siang pagi atau baik atau halo, atau sebaliknya, yang dapat digunakan oleh ketidaktahuan beberapa orang atau keengganan ().
Dan salam Islam adalah: (damai besertanya Anda dan rahmat Allah bagimu) ini selesai, dan yang paling dari: (Halo) ().

Dari nilai-nilai perdamaian dan sifat-sifatnya:

1 - Ini adalah yang terbaik dari hal-hal Islam, diriwayatkan bahwa 'Abdullah bin' Amr bin Ash, ra bahwa seseorang bertanya kepada Rasulullah saw: hal terbaik dalam Islam? Dia berkata: "Makanan orang lain dan memberikan perdamaian untuk membaca dari dikenal dan tidak diketahui" ().
2 - bahwa penyebab kasih sayang dan cinta di kalangan umat Islam, yang merupakan sarana memasuki surga, katanya, saw: "Jangan masuk surga sampai kamu percaya, tidak percaya sampai Anda mencintai satu sama lain, pertama memberitahu Anda tentang apa pun jika Anda mencintai satu sama lain Sebarkan salam damai di antara kamu?" ().

3 - setiap kalimat dari sepuluh perbuatan baik, yang tiga kalimat, kepada siapa ia membawa tiga puluh betul, untuk Imran Ibnu Husain, ra dengan dia: Seorang pria datang kepada Nabi, saw berkata: Halo, semua orang di dalamnya, kemudian duduk, perdamaian Nabi saw "sepuluh", dan kemudian datang orang lain, ia berkata: Salam bagimu dan rahmat Allah, menjawab-Nya, lalu duduk, ia berkata, "dua puluh", dan kemudian datang lagi, dan berkata: Salam bagimu dan rahmat Allah dan berkah, menjawab-Nya, dan duduk, katanya "Tiga puluh" ().

Aturan perdamaian dan jawabannya:
Perdamaian adalah sunnah dikonfirmasi () dan kewajiban untuk menjawab dengan baik, jika maksudnya adalah satu orang, dan cukup yang dimaksudkan untuk kelompok, semua dari mereka, jawabannya adalah lebih baik

Pasang resep perdamaian:
Untuk berada dalam respon menjadi seperti perdamaian, namun meningkat lebih baik, tetapi tidak mengurangi dia, adalah dia dan berkata: Salam bagimu dan rahmat Allah, ia mengatakan Tugas Swissinfo: dan Anda damai dan belas kasihan Allah, tetapi menambahkan, dan berkah, ini lebih baik, tetapi tidak terbatas dalam jawaban untuk: (dan Anda, perdamaian) hanya, karena tidak ada perdamaian, ia mengatakan (dan menyapa dalam kembali dengan apa yang lebih baik, atau kembali) ()
Ibnu Katsir mengatakan rahmat Allah Yang Mahakuasa: yaitu, jika Anda memberinya seorang Muslim mereka merespon lebih baik darinya, atau menanggapi itu seperti perdamaian, Meningkatkan mendelegasikan, dan yang sejenis dikenakan. Uh.
Ini adalah jawaban yang dapat diterima sesuai dengan sah merespon dengan mengatakan Hai dan halo, atau lebih, tetapi hanya, dan bahwa mereka tidak 'jawaban perdamaian yang sah, dan karena itu berkurang perdamaian jauh, katakan dan Anda rahmat damai dan Tuhan dan berkat, dan atribut yang besar lebih baik daripada mengatakan yang mengatakan: Selamat datang dan halo, tetapi tidak ada yang salah dengan mengatakan tidak sebagai respon perdamaian, tapi perdamaian, dan mengatakan kemudian, telah terbukti, karena perdamaian Nabi saw: "halo riang saya sendiri" (), dan sebagainya.

Berbicara perdamaian:
Tahun dalam damai dan jawaban keras-keras, karena perdamaian adalah pengucapan dengan mengatakan: (Halo), dan referensi dengan tangan dan yang lainnya tidak damai, dan jawaban keras-keras sampai Anda mendengar seorang Muslim, karena kalau tidak mendengar itu tidak menjawab, hanya untuk memiliki alasan untuk tidak mendengar.

Dari ketentuan perdamaian dan etiket:

1 - mengungkapkan dan menunjukkan itu dan menyatakan antara orang-orang, sehingga logo masih muncul di kalangan umat Islam, tidak untuk kategori tanpa yang lain, atau besar tanpa kecil, dan siapa tahu tanpa orang-orang yang tidak tahu, dan menyediakan 'Abd-Allah bin' Amr, semoga Allah senang dengan mereka, dan juga menyediakan berkat-berkat atasnya: "Sebarkan salam damai antara kamu."
Kata Ammar bin Yasir, semoga Allah senang dengan: "Tiga bisa menjaga mereka bersama-sama koleksi iman: ekuitas yang sama, dan membuat perdamaian dunia, dan pengeluaran Alaguetar" ().
Hal ini dinyatakan dalam fitnah Nabi kiri damai besertanya pengiriman: "orang jahat berhemat untuk perdamaian" ()

2 - Laporan memulai perdamaian, dan mampu, dan jumlah yang damai, meriwayatkan dari 'Aisyah bahwa perdamaian Nabi saw berkata kepadanya: "Kamu membaca bahwa perdamaian Jibril," katanya, dan saw dan rahmat Allah ().

3 - yang terbaik dalam inisiasi perdamaian untuk memberikan kecil ke besar, dan Walker pada duduk, kursi di walker, dan sedikit di tempat parkir, diriwayatkan dari Abu Hurairah, ra dengan dia melaporkan bahwa Nabi "memberikan kecil ke besar, dan menyampaikan putar, dan sedikit di banyak) ()

4 - tahun untuk mengembalikan perdamaian jika berpisah dua orang dan kemudian mereka bertemu, untuk masuk atau keluar, atau jika penghalang antara mereka dan kemudian mereka bertemu, dan seterusnya, yang ditunjukkan oleh kata-kata perdamaian Nabi saw: "Jika membunuh salah satu dari Anda Seorang anggota Dewan saudara, oleh karena itu, mencegah pohon atau dinding atau kamar, maka itu juga menerima Seorang anggota Dewan "().
Dalam sebuah wawancara berdoa parah sehingga setiap kali ia pergi dan kembali kepadanya Tuhan perdamaian Nabi saw kedamaian, mengatakan bahwa tiga kali (). Anas berkata ra dengan dia: Ketika para sahabat Rasulullah saw Eetmasheun, jika diterima oleh pohon atau bukit Vtfrkoa kanan dan kiri, dan kemudian bertemu Raúhaslm dari satu sama lain ().

5 - aturan perdamaian pada kafir, Tuhan keselamatan jika menyerahkan ():
Salam damai untuk orang-orang beriman pada khususnya, tidak dapat dibuang Alygerhm, katanya, saw "tidak mulai dengan orang-orang Yahudi atau Kristen dengan tenang, jika Anda bertemu seseorang dalam perjalanan ke bagian tersempit Fadtrōh" ().
Tetapi jika subjek dihadiri oleh campuran Muslim dan kafir, dan ditujukan menyapa Muslim, dalam sebuah wawancara Osama bin Zaid, ra bahwa perdamaian Nabi saw ke Dewan campuran Muslim dan berhala musyrik ibadah, ia memberi mereka ()
Jika diakui oleh orang-orang kafir seperti Anas ra dengan dia bahwa para sahabat Nabi perdamaian saw berkata kepada Nabi perdamaian saw mengakui bahwa orang-orang buku ini, jadi bagaimana kita menanggapinya? Dia mengatakan: Katakanlah Anda () tidak lebih dari itu ()

6 - Perdamaian pada perempuan:
Semoga damai besertanya inses perempuan, dan yang lainnya diperbolehkan jika menimbulkan fitnah bagi mereka dan bagi mereka, dan ini bervariasi sesuai dengan perempuan, dan kondisi, dan penempatan, tidak ada Kalajuz muda, atau memasuki rumahnya dan menemukan istri menyambut mereka seolah-olah di atas perempuan tidak tahu mereka di jalan, dan jabat tangan bagi para wanita asing mungkin tidak mutlak, dan bukti untuk itu:
A - damai besertanya mengatakan "tidak berjabat tangan dengan wanita" ()
B - A 'Aisyah: "menyentuh tangan Rasulullah saw, kecuali seorang wanita milik" ().
T - dan mengatakan saw "karena kau ditikam di kepalanya dengan jarum besi adalah lebih baik baginya daripada menyentuh wanita yang tidak halal baginya" ()